24 September 2013

Komputer dan Teknologi Informasi

Pengertian Komputer


Kata komputer (computer) berasal dari bahasa latin computare yang berarti
menghitung. Berikut beberapa pengertian komputer (Sutarman, 2009) adalah sebagaiberikut :1. Menurut buku Computer Annual (Robert H. Blissmer)Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugassebagai berikut: Menerima input, Memproses input tadi sesuai dengan programnya, Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan, Menyediakan output dalam bentuk informasi2. Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders)Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepatserta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima danmenyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawahpengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan padamemori.3. Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G. Zaky)Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerimainformasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yangtersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.4. Menurut buku Introduction to the Computer, The Tool of business (William M.Fuori)Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan yangbesar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika,tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.5. Menurut buku Introduction to Computers (Gordon B. Davis)Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yangpasti.Perkembangan teknologi informasi dan ilmu komputer semakin berkembangsecara cepat sehingga komputer tidak hanya sebagai alat hitung saja. Beberapa fungsilain yang tercipta antara lain, pengolahan data, permainan, membuat grafik,merancang gambar teknik, pengontrolan, pengeditan, dan sebagainya. artikel ini dikutip dari :http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/20012/4/Chapter%20II.pdfPengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Menurut Beberapa Ahli sebagai berikut :
  • Menurut Eric Deeson: Teknologi informasi dan Komunikasi  adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan , mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
  • Menurut Puskur Diknas Indonesia: Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media
  • Menurut Susanto: Teknologi  Informasi dan Komunikasi  adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.
  • Teknologi Informasi adalah studi atau peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisa, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar (kamus Oxford, 1995)  
  • Menurut Haag & Keen,  Teknologi Informasi  adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (1996)
  • Menurut Martin, Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (1999) 
  • Menurut Lucas, Teknologi Informasi adalah segala bentuk teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam bentuk elektronis (2000)  
  • Menurut William & Sawyer, Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video (2003)  

artikel ini dikutip dari beberapa website:http://computers-inc.blogspot.com/2012/03/pengertian-teknologi-informasi.html 


http://www.pengertianahli.com/2013/07/pengertian-teknologi-informasi-dan.html 

0 komentar:

Posting Komentar